Mengenal Decking Kayu Outdoor

Pemasangan lantai kayu tidak hanya difokuskan pada area indoor,area outdoor pun banyak menggunakannya. Lantai kayu outdoor atau biasa disebut decking kayu outdoor adalah material pelapis lantai yang jenis kayunya khusus yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstream panas dan hujan secara bergantian.

Menambahkan decking kayu pada outdoor lebih menambah kuat kesan alami pada bangunan tersebut.

Namun tidak semua jenis kayu dapat dijadikan lantai kayu outdoor. Persyaratan utamanya adalah bahwa kayu tersebut harus awet,kuat,tahan air,tahan cuaca panas dan anti rayap atau binatang pengerat seperti serangga atau jamur.

Manfaat Menggunakan Decking Kayu Outdoor

Manfaat yang akan kita dapatkan setelah memasang decking kayu outdoor adalah

  1. Penampilan rumah jadi terlihat lebih natural,elegan,mewah. Lantai kayu dapat diterapkan pada gaya rumah apapun (fleksibel).
  2. Manfaat bagi kesehatan yaitu dapat menyeimbangkan suhu ruangan. Di negara 4(empat) musim seperti Jepang,penerapan lantai kayu sudah menjadi kewajiban bagi setiap bangunan.
  3. Awet & Tahan lama jika dirawat dengan baik. Dengan perawatan yang benar maka kayu dapat bertahan hingga 15 Tahun. Perawatan rutin harian dan berkala penting dilakukan. Perawatan rutin seperti mengepel atau menyedot debu yang berada disela-sela parquet dan perawatan berkala seperti setiap 3(tiga) Bulan sekali mengecat ulang (re-coating).
  4. Sebagai investasi jangka panjang. Perlu Anda ketahui,rumah atau bangunan yang didalamnya terpasang lantai kayu parket maka nilai jualnya lebih tinggi dibanding dengan rumah yang berlantai keramik. Sebagai investari jangka panjang karena dalam beberapa tahun kedepan harga lantai kayu akan terus naik. Disinilah bedanya dengan keramik,keramik jika rusak harus dibongkar ganti baru,tidak bisa di coating ulang,motifnya akan terlihat jadul dalam beberapa tahun kedepan.
  5. Perawatannya cukup mudah. Membersihkan lantai kayu tidak sesulit yang dibayangkan,cukup menggunakan penyedot debu dan sabu berbulu halus untuk menghindari goresan.

Lalu,jenis kayu apa saja yang cocok digunakan pada area outdoor seperti : taman,area kolam renang,teras,dermaga dll? Persyaratannya tentu saja harus terbuat dari jenis kayu hardwood yang berdaya tahan kuat terhadap perubahan cuaca.

Jenis kayu yang memenuhi syarat diatas diantaranya :

  1. Kayu Ulin.
    Kayu Ulin atau kayu Besi atau biasa penduduk setempat menyebutnya kayu Bulian adalah jenis kayu keras yang termasuk kedalam 10 besar kayu keras didunia. Kayu asli Kalimantan ini didaerah endeminya biasa digunakan untuk tiang jembatan atau bantalan rel kereta api. Saking kerasnya,kayu Ulin tidak tembus paku harus dibor terlebih dahulu.
  2. Kayu Bengkirai.
    Jenis kayu ini dapat digolongkan kedalam jenis kayu pertukangan karena masyarakat biasanya menggunakan kayu Bengkirai untuk kebutuhan pertukangan,mudah diserut,dipotong,diukir atau diamplas.
  3. Kayu Merbau.
    Jenis kayu Merbau tahan terhadap serangan jamur karena kayu ini memiliki getah alami yang biasa keluar jika terkena air,getah tersebut berwarna merah maka kurang cocok jika ditempatkan diarea kolam renang. Warna kayu cokelat kemerahan dan biasanya pada area outdoor ditempatkan pada teras. Kayu Merbau memiliki tingkat penyusutan yang rendah sehingga ketika kering tidak terlalu mengganggu system kuncian antar parquet.
  4. Kayu Jati.
    Jenis kayu jati memiliki trex record yang baik,sebelum digunakan untuk lantai kayu parket atau decking,kita sudah mengenal banyak kerajinan dan furnitur berbahan dasar kayu Jati. Hati-hati dalam memilih lantai kayu jati karena banyak beredar kayu Jati muda yang tentunya kualitasnya kurang baik. Kayu Jati tumbuh sekitar 15 Tahun hingga siap tebang,dengan kebutuhan yang mendesak karena banyaknya permintaan maka bukan tidak mungkin kayu yang baru berumur 5 tahun atau 10 tahun sudah ditebang. Perlu diketahui pula bahwa kayu Jati memiliki 3(tiga) grade atau tiga tingkatan kualitas yang dibedakan berdasarkan tempat pengambilannya. Lapisan kayu paling dalam akan menghasilkan kayu jati grade A,lapisan tengah kayu jati akan menghasilkan jati grade B dan lapisan terluar yang ada gubalnya dan warnanya sudah bercampur putih itu menjadi kayu jati grade C. Jika bingung dengan perbedaan tingkat kualitas kayu Jati ini bisa menanyakannya langsung ke marketing ofice ditempat Anda membeli. Yang rada sulit dibedakan adalah jenis lantai kayu Jati grade A dan grade B. Kayu Jati ini bisa dibilang multi fungsi bisa untuk lantai kayu indoor,lantai kayu outdoor,parquet dinding atau bisa juga dijadikan decking kayu outdoor pada teras.
  5. Kayu Kruing.
    Jika diperhatikan tekstur kayu Kruing hampir mirip dengan kayu Merbau,tingkat kekerasan kelas II dan keawetan kelas III. Cukup handal untuk outdoor,harganya yang murah banyak yang memilih decking kayu Kruing dengan kualitas tak jauh beda dengan jenis kayu Jati.

Itulah 5(lima) jenis kayu yang bisa Anda pilih sebagai outdoor. Semua memiliki tingkat keawetan dan tingkat kekerasan sangar baik,tahan terhadap perubahan cuaca,pokoknya kelima jenis kayu diatas sudah memenuhi standar sebagai lantai kayu outdoor.

Tahapan Pemasangan Decking kayu Outdoor

  1. Persiapan awal pastikan jenis kayu yang Anda pilih sudah memenuhi standar seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Kayu yang digunakan harus grade A semua.
  2. Menambahkan zat pengawet tambahan pada kayu sebelum dipasang,biasanya perusahaan lantai kayu sudah melakukannya,jadi yang Anda beli ditoko tersebut sudah ditambahkan zat pengawet dan zat anti rayap. Meskipun kelima kayu tersebut memiliki keawetan alami,dengan menambahkan treatmen pengawet akan semakin melindungi kayu.
  3. Memasang bantalan kayu agar kayu tidak terus menerus terkena air yang mengakibatkannya berjamu dan licin. Dengan bantalan ini papan kayu tidak langsung terkena air.
  4. Finishing menggunakan bahan yang tepat dan topcoat yang tepat sebagai pelindung dan meningkatkan nilai estetikanya.
  5. Melakukan perawatan secara rutin/berkala,bersihkan lantai kayu setiap kali dari kotoran, udah itu aja sudah cukup mengantarkan produk kayu menjadi awet bertahun-tahun.

Itulah beberapa manfaat dari lantai kayu,mengenal jenis kayu dan cara perawatannya. Semoga bermanfaat!