Lantai Kayu dan Jenis kayu untuk Membuatnya

Artikel Jenis kayu untuk bahan dasar lantai kayu-Penggunaan Lantai kayu sekarang ini memang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat banyak. bukan hanya dari kalangan atas saja tetapi dari kalangan menengah pun mulai banyak menggunakannya karena terdapat beberapa jenis lantai kayu tiruan murah yang dijual dipasaran.

Lantai kayu adalah jenis penutup lantai yang dibuat dari kayu asli tanpa menggunakan bahan material lain. jenis tersebut termasuk kedalam Jenis Lantrai Kayu solid. berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatannya :

  • Kayu Jati
  • Kayu Merbau
  • Kayu Sonokeling
  • Kayu Bengkirai
  • Kayu Sungkai

dibawah ini akan dijelaskan mengenai karkateristik jenis-jenis kayu tersebut :

Kayu Jati

f:id:braderparket:20171106131549j:plain

Jenis kayu ini dipilih karena memang kayu jati memiliki kualitas kekuatan dan daya tahan yang bagus dan hampir seluruh masyarakat indonesia sudah mengetahuinya. jati termasuk kedalam golongan kayu awet dan kuat kelas I selain itu kayu ini juga dikenal tahan akan serangan rayap. dalam industri lantai kayu sendiri terdapa beberapa Grade Jati yang dipisahkan berdasarkan bagian pohon jati yang digunakan sebagai bahan dasar. silahkan klik disini : Lantai Kayu Jati dan Informasinya

Kayu Merbau

f:id:braderparket:20171106132138j:plain

Jenis kayu merbau ini memiliki warna coklat agak kemerahan dengan serat yang sedikit menyerupai serat pohon kelapa tetapi tidak sepenuhnya hanya menyerupai sedikit saja. merbau juga dikenal sebagai kayu kuat dan memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. kayu ini biasa dijadikan sebagai parket / lantai kayu indoor ataupun decking / lantai kayu outdoor.

Kayu Sonokeling

f:id:braderparket:20171106132422j:plain

Pernah mendengar kayu sonokeling ? kayu ini dikenal masyarakat karena memiliki warna yang eksotis, dengan paduan antar coklat agak kehitaman diselingi warna putih agak kekuningan membuat jenis kayu ini memiliki harga yang lumayan mahal. selain itu sonokeling juga dikenal kuat dan awet. biasanya sonokeling hanya digunakan untuk membuat lantai kayu outdoor saja.

Kayu Bengkirai

f:id:braderparket:20171106132454j:plain

Kayu Bengkiria ini banyak tumbuh di daerah Kalimantan. jenis kayu ini dikenal memiliki kekuatan dan kekerasan yang tinggi sehingga menjadikannya jenis kayu yang memiliki nilai kormersil yang bagus. bobotnya sendiri lebih berat dari kayu jati. karena memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan yang bagus maka bengkirai banyak digunakan untuk pembuatan lantai kayu outdoor/decking.

Kayu Sungkai

f:id:braderparket:20171106132719j:plain

Sungkai ini memang tidak sepopuler kayu jati ataupun bengkirai, tetapi kualitasnya tidak boleh diremehkan. kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang lumayan tinggi meskipun tidak sebagus jati. memiliki motif kayu yang beralur lurus. warnanya sendiri putih yang sedikit agak kekuningan. biasa dijadikan lantai kayu indoor.

Perbedaan jenis kayu yang dipakai sebagai bahan dasar juga menentukan Harga Lantai Kayu karena tiap jenis kayu yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

itulah penjelasan tentang Lantai kayu dan jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan dasar pembuatannya. semoga dapat memberikan inspirasi dan wawasan.

 

Simpan

Simpan

Simpan