Macam-macam penempatan Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid adalah salah satu jenis penutup lantai yang terbuat dengan memanfaatkan matrerial kayu asli tanpa menambah bahan campuran lainnya artinya seluruh bagian lantai kayu solid murni terbuat dari material kayu alam asli. jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan dasarnya adalah kayu bengkirai, kayu jati, kayu sonokeling, keruing, sungkai, dan juga merbau.

f:id:braderparket:20171025201221j:plain

Untuk jenis penutup lantai yang satu ini, terdapat juga beberapa tipe yang berbeda. perbedaan tersebut didasarkan dengan area penempatannya. mengerti maksudnya ? hehe.. jika belum maka paragraf berikutnya akan menjelaskan secara lebih detal tentang tipe lantai kayu solid.

Terdapat beberapa tipe yang dimiliki oleh jenis lantai kayu solid. untuk membedakannya sangat mudah karena dilihat dari bentuknya saja sudah berbeda satu sama lain. berikut adalah daftarnya :

  1. Parquet
  2. Decking Kayu
  3. Flooring Kayu
  4. Plafond Kayu
  5. Papan Tangga Kayu
  6. Plint Kayu

Tipe Lantai Kayu solid berdasarkan penempatannya :

  • Parquet

f:id:braderparket:20171025201328j:plain

Parquet adalah tipe paling umum dan saya kira masyarakat akan lebih mengenal parquet sebagai lantai kayu itu sendiri. bentuk parquet ini adalah potongan persegi panjang, ukurannya sendiri ada yang besar dan juga kecil. untuk yang kecil disebut Lamparquet. penempatannya adalah area indoor seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang kelarga. Terdapat beberapa tipe parquet yang tahan air sehingga bisa ditempatkan di kamar mandi ataupun dapur.

  • Decking Kayu

f:id:braderparket:20171025201441j:plain

Decking bisa juga disebut sebagai lantai kayu outdoor karena penempatannya yang memang biasa diluar ruangan seperti sisi kolam renang, pijakan taman, pagar sampai dengan ruang terbuka publik. Salah satu kelebihan Decking adalah tahan terhadap cuaca. Ukuran decking ini lebih besar dan juga lebih panjang dibanding dengan parquet. cara pemasangannya pun berbeda dengan parquet.

baca disini : Tentang Lantai Kayu Outdoor

  • Flooring Kayu

f:id:braderparket:20171025201547j:plain

Flooring kayu sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Parquet hanya saja ukurannya lebih besar dan panjang beberapa cm. jenis kayu yang digunakan sebagai bahan dasarnya pun tidak berbeda jauh dengan parquet yaitu Kayu jati, Merbau, sonokeling dan juga merbau.

  • Plafond Kayu

f:id:braderparket:20171025201754j:plain

Plafond Kayu tentu saja sudah tahu kan area penempatannya ? yaa.. sesuai dengan namanya plafond biasa dipasangkan diatas langit-langit rumah. ukuran dan bentuknya sendiri lebih ringan dan juga tidak terlalu tebal. kayu yang biasa digunakan adalah kayu merbau, keruing, agathis dan juga momalla.

  • Papan Tangga Kayu

f:id:braderparket:20171025201855j:plain

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa tipe yang satu ini berfungsi untuk menjadi pijakan anak tangga. terdapat 2 jenis papan tangga yaitu tangga sambung dan juga tanpa sambung maksud tangga sambung adalah 2 papan kayu yang disambungkan menjadi 1.

  • Plint Kayu

f:id:braderparket:20171025202019j:plain

Plint kayu ini berfungsi untuk menutupi bagian sisi tembok tepatnya sisi antara tembok dan lantai kayu. plint ini dipasangkan apabila permukaan lantai sudah ditutupi secara merata oleh lantai kayu tujuannya agar terlihat lebih rapih dan menyatu.

Sekian artikel tentang lantai kayu solid dan macam-macam tipe berdasarkan penempatannya. semoga artikel ini dapat memberikan anda wawasan dan juga inspirasi untuk memasang lantai kayu di rumah/prperti yang dimiliki.

Simpan

Simpan

Simpan